NIMITZ - Supplier Indonesia untuk kartu basket NBA, kartu sepak bola, Ultra Pro top loader, one touches / magnet, plastik sleeve, stand, binder, album, 9 pocket page, dll.
Sports Cards (NBA, Soccer) - Ultra Pro Card Supplies - Group Break

Bagaimana Menentukan Nilai Kartu Anda?


2 Februari 2016

BAGAIMANA MENENTUKAN NILAI KARTU ANDA?


Ide dasarnya sebenarnya sederhana: Tak ada harga pasaran obyektif untuk barang koleksi. Apapun koleksi Anda, harga pasaran standar sebenarnya tidak ada. (Kecuali kalau koleksi logam mulia, hehehe).

Jika gagasan tersebut sudah diterima, baru melangkah ke hal kedua: Lantas bagaimana kalau ingin bertransaksi? Walaupun harga pasaran standar tak ada, referensi tetap tersedia. Tapi harus diingat, ini adalah REFERENSI, dan bukan patokan baku. Beberapa referensi yang ada:

1. Beckett Value / Book Value / BV

Cara ini adalah cara paling populer, tetapi perlu diingat bahwa BV MENGIKUTI HARGA PASAR DAN BUKAN SEBALIKNYA. Jadi mereka memformulasikan BV dari harga pasar yang sedang berjalan.

Untuk pemula, menggunakan BV bisa sangat bermanfaat. Memasuki dunia yang baru, tentu memerlukan semacam panduan untuk mengetahui seluk beluknya. Gunakan BV sebagai panduan, bukan patokan. BV HANYA SEBAGAI PRICE GUIDE, BUKAN PRICE LIST.

Untuk kartu yang rare atau short printed, biasanya BV tidak tercantum. Karena kelangkaannya, maka BV tidak dapat menemukan sampling yang cukup banyak di pasaran untuk bisa memberikan label harga (not priced due to scarcity).

Nah, pasaran / market yang mana yang digunakan Beckett untuk memformulasikan BV? Biasa kolektor menyebutnya dengan sebutan Market Value (MV).


2. Market Value / MV

Banyak kolektor yang sudah lebih lama menekuni hobi ini menggunakan MV sebagai parameter value kartu mereka.

Singkatnya, MV adalah catatan nilai transaksi yang sudah terjadi untuk kartu tersebut, walaupun tidak selalu akurat. Tapi minimal kita bisa memperoleh informasi berapa "harga pasaran" untuk kartu tersebut.

Untuk melihat MV, para kolektor sering menggunakan situs lelang online seperti eBay dengan melihat transaksi yang sudah terjadi (eBay completed listings).

Selain itu, ada sebuah website di luar eBay yang bisa merekap statistik transaksi eBay untuk beberapa periode tertentu (misal dalam 9 bulan terakhir) yaitu Cardrade.com atau Sortsof.com.

Sama seperti BV, kartu rare misal kartu short print juga sulit dilihat MV-nya karena tidak ada sejarah transaksinya, apalagi kartu 1/1 atau kartu yang hanya dicetak 1 lembar di seluruh dunia.


3. Your Card, Your Value

Pada akhirnya kembali kepada Sang pemilik kartu. Berapa nilai kartu tersebut menurut dia? Setiap kolektor memiliki pertimbangan sendiri akan nilai kartunya, dan seharusnya kita hargai.

Jika dijual dan "belum masuk" harganya menurut kita, ya move on saja. Tidak perlu menguliahi akan harga market atau BV, karena itu kartu dia dan hak dia. Paling resikonya ya kartunya tidak akan terjual jika harganya terlalu tinggi.

KESIMPULAN AKHIR:

1. Tak perlu terlalu pusing memikirkan harga. Jika Anda penjual, silakan saja menetapkan harga yang dianggap wajar. Ketinggian? Ya paling lakunya lama.

2. Jika Anda pembeli, silakan mengintip daftar referensi di atas. Tapi kembali lagi, referensi BUKANLAH penentu harga. Jika Anda berani membeli suatu kartu di atas harga referensi, please go ahead.

3. Hobby is a hobby. Pada hakikatnya, hobi berkaitan dengan membeli kepuasan dengan menggunakan uang. Akan susah jika Anda menekuni suatu hobi namun berharap selalu untung. Yang penting adalah apakah Anda puas dan senang dengan barang yang didapat serta nilai yang dikeluarkan.

4. Walaupun demikian, research pasar tetap perlu. Membeli suatu kartu dengan harga yang terlalu tinggi (walaupun mungkin Anda tetap puas dengan transaksinya), hanya akan membuat hobby ini unsustainable bagi Anda -alias Anda akan kehabisan nafas dan tak bertahan lama.

Happy collecting peeps.

-Team Admin FKBI-

Forum Kartu Basket Indonesia [FKBI]



Baca juga
  » 22 November 2016
Penjelasan Singkat Tentang Pick Your Team Break (PYT Break)
Pada dasarnya, sistem PYT ini adalah sistem break dengan memberi kesempatan untuk peserta memilih sendiri team favoritnya. Harga tiap team berbeda satu dan yang lainnya, dengan harga tertinggi adalah team yang memiliki potensi memperoleh kartu / pemain terbaik dari produk yang bersangkutan.

  » 29 Januari 2016
DO's and DON'Ts in Card Collecting
Dalam memulai koleksi, apa saja yang jangan dilakukan dan sebaiknya dilakukan? Berikut ini adalah beberapa tips yang bermanfaat untuk memulai.

  » 26 Januari 2016
8 Tips Penting Untuk Ex Kolektor Yang Memutuskan Kembali Ke Dunia Hobi Koleksi Kartu
Pernah jadi kolektor kartu basket? Sekarang tidak lagi? Ingin "come back"? Simak 8 tips penting dari Ryan Cracknell berikut ini.

  » 26 Januari 2016
Saya Punya Kartu Basket Bekas Jaman Sekolah Dulu. Sekarang Laku Berapa Ya?
Mungkin pernah terlintas di benak kita semua tentang pertanyaan di atas. Ada artikel menarik yang ditulis oleh Ryan Cracknell dari The Cardboard Connection mengenai hal ini.

  » 5 Agustus 2014
Seputar NIMITZ LIVE BREAK
NIMITZ LIVE BREAK? Makhluk apa itu? Klik di sini untuk informasi seputar NIMITZ LIVE BREAK dan Group Break pada umumnya.